Lippo Cikarang Tbk.

JL. OC Boulevard, Cibatu, Cikarang Selatan 17530.

Menu

Kawasan Industri Cikarang, Terbesar Di Asia Tenggara.

4.8
(33)

Cikarang, sebuah kota industri yang terletak sekitar 34 km di timur Jakarta, memang layak mendapat predikat sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara. Di sini, peluang investasi begitu luas bagi para investor yang ingin menanamkan modal mereka.

Sebagai Pusat Industri Nasional

Cikarang telah menjadi pusat industri nasional yang signifikan, bahkan mampu bersaing dengan Batam. Tercatat ada sekitar 2.125 pabrik dari 25 negara yang beroperasi di kawasan industri Cikarang. Tidak mengherankan, Cikarang berperan penting dalam Penanaman Modal Asing Nasional. Tidak tanggung-tanggung, yakni dengan kontribusi sebesar 34,46%. Serta berperan dalam volume ekspor nasional, berkisar antara 22 hingga 45%. Pada tahun 2008, omzet dari kawasan industri ini bahkan mencapai USD 35 miliar, dengan sebagian besar untuk pasar ekspor.

Kawasan Industri Terbesar Di Cikarang

Kawasan industri di Cikarang terdiri dari tujuh area, termasuk MM2100, Delta Silicon, EJIP, BIIE, Jababeka I, Jababeka II, dan Delta Silicon II. Kota Delta Mas dengan KIIC, yang terkelola oleh group sinarmas, juga menjadi bagian dari perekonomian yang berkembang di Cikarang.

Selain keberhasilan di sektor industri, keberadaan kawasan industri ini juga mendorong permintaan akan hunian yang aman dan strategis bagi ribuan karyawan yang bekerja di sana.

Mega Proyek Meikarta

Baru-baru ini, Group Lippo telah meluncurkan proyek ambisius di Cikarang, yaitu Meikarta. Peluncuran proyek ini terjadi pada tanggal 17 Agustus 2017, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, di MaxxBox Cikarang. Berharap Meikarta dapat menjadi solusi dalam mengurangi beban Jakarta dalam berbagai aspek, seperti kemacetan, mobilitas penduduk, perencanaan tata ruang, serta sebagai pusat ekonomi baru.

Bahkan, wacana pemindahan beberapa kementerian atau lembaga ke Meikarta pun muncul, mengikuti rencana pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta. Dengan adanya Meikarta, aktivitas dan kehidupan dapat beralih dari Jakarta ke kota ini. Hal ini akan membantu mengurangi beban Jabodetabek dan mendukung mobilitas yang lebih efisien.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi Jakarta, Meikarta juga memiliki potensi untuk mengurangi beban yang ada di Bandung. Melalui jalur kereta cepat Jakarta-Bandung, adanya kereta layang LRT dan MRT, pelabuhan laut dalam di Patimban, bandara Internasional Kertajati, serta akses tol Jakarta-Cikampek yang terangkat, Meikarta menjadi pusat konektivitas yang strategis bagi kedua kota metropolitan tersebut.

Proyek Senilai 278 Triliun Rupiah

Proyek pembangunan Meikarta dengan investasi sebesar Rp 278 triliun ini menjadi sebuah langkah maju dalam mengubah wajah perkotaan di Indonesia, khususnya di wilayah Cikarang dan sekitarnya. Dengan konsep kota modern yang megah, Meikarta diharapkan dapat menjadi pusat gaya hidup yang lengkap, dengan fasilitas-fasilitas terkini dan infrastruktur yang memadai.

Meikarta dirancang sebagai sebuah kota mandiri yang menawarkan segala kebutuhan penduduk dalam satu lokasi. Kawasan ini akan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan modern, fasilitas kesehatan yang canggih, pendidikan berkualitas, area rekreasi, serta taman-taman hijau yang indah. Dengan demikian, Meikarta tidak hanya menjadi tempat tinggal yang nyaman, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung kehidupan sosial dan budaya yang beragam.

Fasilitas Transportasi Modern

Selain itu, Meikarta juga menawarkan berbagai fasilitas transportasi yang modern dan terintegrasi. Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung, kereta layang LRT dan MRT. Serta pelabuhan Patimban, dan bandara Internasional Kertajati. Semuanya dapat mempermudah mobilitas penduduk dan memperluas konektivitas dengan kota-kota lain di Indonesia.

Proyek Meikarta ini juga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Dengan adanya industri, pusat perbelanjaan, dan sektor jasa yang berkembang di Meikarta, diharapkan masyarakat dapat menikmati manfaat ekonomi yang tercipta.

Kendala Dan Tantangan Proyek Meikarta

Namun, proyek Meikarta juga menghadapi beberapa tantangan, seperti pengaturan tata ruang yang tepat, pemenuhan kebutuhan infrastruktur, dan perlindungan lingkungan. Penting bagi pihak terkait, baik pengembang maupun pemerintah. Untuk selalu bekerja sama dalam mengatasi tantangan ini dan memastikan bahwa pembangunan Meikarta berjalan sesuai dengan perencanaan yang baik. Serta transparan, dan berkelanjutan.

Proyek Meikarta memang menjanjikan potensi besar bagi perkembangan wilayah Cikarang dan sekitarnya. Serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. Dengan terus memperhatikan keberlanjutan dan keseimbangan antara pembangunan, lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Semoga Meikarta dapat menjadi contoh sukses dalam pengembangan kota modern di Indonesia.

Apa Anda Suka Ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Semoga hari ini menyenangkan

Yuk bagikan informasi ini 👇️

Kami meminta maaf jika anda tidak suka

Kami akan segera perbaiki

Beri tahu kami, apa yang perlu kami lakukan?

Minggu 21 Mei 2023 - Diposting Oleh: Heri Setiabudi

Project Lippo Cikarang

Baca Juga Artikel Lain

4.9 (30) Apakah Anda pernah mendengar tentang Lippo Group? Jika belum, Anda mungkin ingin mengenal lebih jauh tentang salah satu konglomerat terbesar di Indonesia ini.…

4.7 (41) Apakah Anda tinggal di sekitar Lippo Cikarang dan sedang mencari bengkel mobil terpercaya untuk merawat kendaraan Anda? Jika iya, Anda telah berada di…

4.7 (32) Bagi Anda yang sedang mencari tempat sewa atau rental mobil di Lippo Cikarang, kini tak perlu khawatir lagi. Di kawasan Lippo Cikarang terdapat…